fbpx
Share on facebook
Share on google

Mengenal Konsep Rumah Industrial

Gaya industrial kerap dianggap sebagai gaya unik yang identik dengan konsep interior yang banyak diterapkan pada cafe atau beberapa bangunan komersial, seperti ruang-ruang perkantoran. Sementara untuk bangunan residensial sendiri, ia sangat jarang dipakai.

Industrial adalah soal ekspos. Elemen-elemen struktural dari sebuah bangunan yang dipamerkan. Memerlihatkan tampilan yang seolah setengah jadi, belum selesai, tetapi tampak sangat kohesif dan edgy.

Namun, saat sekarang, rumah dengan konsep interior industrial mulai umum digunakan. Rumah-rumah bergaya industrial ini memerlihatkan ketegasan. Ia diidentifikasi dari penggunaan material dan elemen berbahan dasar metal, berwarna emas dan tembaga, dinding bata ekspos, lantai semen atau beton, atau bahkan terakota, serta penampilan dengan kesan unfinished.

Gaya interior industrial sendiri lahir dari kebutuhan untuk mengonversi sebuah bangunan tua seperti pabrik atau sebuah lumbung tua menjadi hunian atau tempat tinggal yang sangat kondusif dan nyaman. Mendesain bangunan lama seperti itu tentu membutuhkan kecerdikan teknik dan mekanik yang memadai.

Desain industrial memberi kesempatan untuk menyandingkan dan memadukan material struktural yang mentah dengan yang halus, terlihat sangat ramping serta modern, dengan aksen vintage yang juga terasa kuat.

Dekorasi interior industrial modern juga membawa konsep ruang terbuka ke ‘level’ yang lebih tinggi. Perabotan dan aksesorinya mendefinisikan sebagian besar ruang akan tujuan dan fungsi.

Konsep interior ‘unik’ ini juga memiliki kecenderungan minimalis, dengan nuansa dramatis, serta tampilan kontras lapisan logam, meja, plus tambahan perabotan rustik atau vintage.

Jika terdapat sebuah ciri yang sangat khas dalam gaya desain industrial, adalah soal atap atau langit-langit.

Interior bergaya industrial secara visual tampak tegas terlihat dari langit-langitnya. Langit-langit terbuka yang memerlihatkan elemen struktural menjadi satu fitur yang sangat menonjol, dan menunjukan gagasan sebuah ruang yang terlihat sangat atraktif. Ini merupakan keumuman dalam gaya desain interior ini.

Memertimbangkan renovasi rumah agar memiliki tampilan bergaya insdustrial, ada beberapa hal yang mesti dievaluasi terlebih dahulu; pertama, adalah dengan mengenali secara pasti tampilan dan gaya interior seperti apa yang ditampilkan sebelumnya. Lalu, setelah itu, kita harus benar-benar memahami dan mengenali elemen-elemen dasar apa saja dari desain industrial yang umum digunakan.